Breaking News
Home » Bonsai » 4 Faktor Media Tanam Bonsai Segera Di Ganti

4 Faktor Media Tanam Bonsai Segera Di Ganti

4 faktor media tanam bonsai segera di ganti – Berdasarkan pengalaman kami dalam merawat tanaman bonsai, yang paling penting diperhatikan adalah peremajaan media tanam yang dipakai untuk tanaman bonsai. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, lebih baik anda memahami jenis – jenis media tanam yang cocok untuk tanaman bonsai di Indonesia.

Idealnya setahun sekali media tanam bonsai harus diganti berdasarkan pengalaman saya dalam memelihara bonsai. Namun Anda perlu mempertimbangkan sejumlah faktor berbeda. Saat bagian atas bonsai Anda tumbuh, maka secara alami akar juga akan mengalami pertumbuhan. Semua bonsai perlu diganti media tanamnya untuk menjaga kesehatan bonsai. Dengan secara regular melakukan penggantian media tanam, maka akan mengurangi kejenuhan media yang digunakan sehingga bagi akarnya akan memberi ruang untuk tumbuh.

Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan pada saat penggantian media tanam:

  1. Beberapa spesies tanaman adalah penghasil akar yang lebih produktif daripada yang lain. Yang lain dapat menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk pertumbuhan akarnya. Sehingga di perlukan media tanam yang segar dengan banyak mengandung unsur hara dan tidak jenuh. Sehingga akan mempercepat pertumbuhan akarnya.
  2. Bonsai muda atau bonsai dalam pot kecil membutuhkan pemangkasan akar yang lebih sering dan penggantian media tanaman secara berkala.
  3. Tanaman dalam pot yang sangat dangkal tidak memiliki kedalaman yang terlalu banyak untuk berkembang. Sehingga media tanam yang bagus dengan cukup unsur hara sangat diperlukan
  4. Beberapa pohon tropis yang mengalami musim tanam sepanjang tahun dapat mengisi pot dengan akar dengan sangat cepat.

alat – alat yang dibutuhkan untuk mengganti media tanam bonsai.

selain 4 faktor media tanam bonsai segera di ganti diatas, dibawah ini merupakan beberapa alat dan bahan yang harus dipersiapkan dalam melakukan penggantian media tanam bonsai antara lain:

  1. Pot baru. Jika Anda tidak menggunakan pot yang sama, Anda membutuhkan pot yang cocok, biasanya satu inci atau lebih besar di semua sisi.
  2. Media Tanam bonsai. Tanah bonsai – bukan tanah pot biasa – sangat penting karena tanah pot biasa terlalu padat. Selain itu, pastikan untuk menggunakan tanah bonsai yang sudah dicampur, atau jika Anda sedang mencampurnya, pastikan Anda mendapatkan saran profesional tentang komponen yang tepat.
  3. Rake akar atau kait akar untuk menyisir akar.
  4. Gunting pemangkasan untuk memotong akar
  5. penutup lubang pot
  6. Pupuk. Pupuk adalah salah satu persediaan perawatan terpenting yang Anda perlukan. Ada banyak jenis pupuk yang bisa dipilih, jadi pelajarilah diri sendiri untuk memastikan Anda memilih yang tepat untuk bonsai Anda. Pilihan populer termasuk pupuk organik atau pupuk cair dengan dasar ikan / rumput laut

baca juga mengenai jenis-jenis tanaman yang bisa dijadikan bonsai

Tahapan penggantian media tanam bonsai:

Pertama, mulailah dengan mengangkat pohon dari potnya. akar mungkin akan memnui seluruh pot dan sebagian keluar pot; jika demikian, Anda mungkin akan melihat akar yang banyak di bagian dasar pot.

Kemudian, dengan alat kait akar Anda, kendurkan dan sisir sepertiga bagian bawah akar akar yang melingkar dengan hati-hati.

Dengan sepasang gunting pemangkasan yang tajam, potong akar dari sepertiga bagian bawah akar yang melingkar ini.

Pastikan untuk memotong dan memperpendek akar besar utama. Ingat, akar terpenting bonsai adalah akar kecil halus.

Buang sebagian media tanam yang melekat pada akar.

Sekarang siapkan pot bonsai Anda dengan menutup yang berlubang yang menutupi lubang drainase. Taburkan lapisan tanah baru di bagian bawah pot, dengan gundukan tanah tepat di tengah.

Tempatkan pohon di posisi semula (atau posisi terbaik), berhati-hatilah agar akarnya menyebar secara merata.

Tambahkan lebih banyak tanah dan kerjakan di antara akar dengan alat kait akar Anda. Pastikan semua tanah mengendap dan tidak ada kantong udara.

Kemudian, rendam pohon dalam potnya menggunakan metode perendaman. (Untuk tips penyiraman lainnya, silakan merujuk ke artikel Tips Penyiraman kami.)

Setelah proses direpoting dan penggantian media tanam, biarkan pohon pulih selama beberapa minggu karena sengatan matahari dan angin. Jangan lakukan pemupukan sampai pertumbuhan baru mulai muncul. Penyiraman air digunakan hanya untuk menjaga agar seluruh akar / tanah tetap lembab – tidak lembek.

Demikian 4 faktor media tanam bonsai segera di ganti serta alat dan bahan yang digunakan.